Friday 2 October 2009

Hari Batik, Hari Baik

Selamat Malam!

Tau kan hari ini, 2 Oktober, Hari Batik Nasional?

Walaupun jarak dari rumah sekitar 11000 km, gue gak lupa untuk pake batik dong hari ini :)
Kebetulan, hari ini adalah akhir dari minggu ke-2 gue sebagai mahasiswa di jurusan fashion; dan kebetulan juga, hari ini gue harus melakukan presentasi kecil-kecilan di depan kelas; basically just to show how familiar are we to the correct research methods. Seperti orang-orang lain yang berada di lingkungan baru, - atau ini cuma gue? - I saw this as an opportunity to make the best first impression to the people I would spend the next 4 years with.

Sedikit susah sebenernya, dari kemarin siang bolak-balik di otak gue "have I prepared this right?" "am I following the instructions?" "'have I covered everything?" dsb dsb, selain mengenai materi yang akan gue sampaikan, I was also very nervous because of the fact that I will be talking in front of English-speaking natives who may or may not be judgemental (I hope they weren't).

Giliran presentasi semua berdasarakan kemauan masing-masing, dari jam 10.30 pagi, sampai jam 1 siang semua orang bergantian was wes wos maju ke depan untuk memamerkan hasil research dan PowerPoint mereka (dan yang gue kaget, ternyata ada beberapa orang yang gak ngerti PowerPoint, malah ada yang belum pernah pake sama sekali, hm) Lalu, tanpa sadar, menuju waktu lunch break, hampir semua anak udah presentasi. Ternyata sisanya tinggal 2 orang temen gue, dan gue (oh, for those who don't know me well, I'm not very good at volunteering). Akhirnya setelah lunch break, gue serahkan tanggung jawab ke satu temen gue untuk maju duluan, baru abis itu gue beraksi.

Akhirnya, saat itu tiba. Gue jalan ke depan kelas sambil bawa cue-cards dan external HD berisi file PowerPoint gue; berpakaian batik - suatu reminder tambahan bahwa gue beda sama semua orang yang ada di ruangan itu. Setelah itu, kalimat pertama yang keluar dari mulut gue adalah "Hello, I'm Danya..."

loh

eh, bukan, maksud gue kalimat ke-dua;
"Just so you know that English isn't actually my first language, so if anybody has absolutely no idea about what I'm saying, just...feel free to ask"
...dan, ternyata oh ternyata, kalimat itu bikin mereka ketawa - emang jokes bule kurang seru, ginian diketawain?.
Tapi at the same time, dalem hati gue bilang "uu, I captured their attention..."
As I was very proud with the PowerPoint, gue cukup percaya diri untuk carry on with my presentation; tapi yang gak bisa dihindari... shaky voice. But, it went well, I guess.
HOWEVER, I wasn't there to say anything about my own performance; the tutor must have got something to say..something!!

She started with; "very good..." - hmm :)
"very confidently delivered..." - hahaha, I didn't think so
"very creative PowerPoint layout" - proud face
dan diakhiri dengan Gong; "you were perfect" - AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA :D

sebagai satu-satunya yang tidak berbicara bahasa Inggris di kelas itu, dapet pujian kayak gitu bikin terbang; apalagi kalo lo gak yakin sama diri lo sendiri at first; and btw, gue satu-satunya yang menerima pujian itu di kelas :p

So, what do you know... ada gunanya juga pake batik hari ini, bukan cuma untuk perayaan aja :)
Jadi... berbanggalah kalian semua! It might happen to you too :)

No comments:

Post a Comment